4 Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Email Marketing

4 Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran produk yang dilakukan melalui email. Pada perkembangannya ia mendapat perhatan dari sebagian besar masyarakat. Kenyataan ini terkait oleh pertumbuhan yang sekarang sedang berjalan. Seperti yang sudah diketahui bahwa mayoritas orang lebih akrab dengan penggunaan smartphone.

Tidak berlebihan jika dikatakan poncel selalu ikut dalam kehidupan manusia di era sekarang. Sehingga tak heran ketika informasi bergerak dinamis. Bahkan untuk mendapat info dari luar negeri Anda cukup melakukannya dialat pencarian. Tidak membutuhkan biaya dan waktu banyak. Semua informasi yang dibutuhkan bisa didapat. Sampai disini sudah jelas alasan dasar kenapa email marketing dinilai efektif dipergunakan dalam proses pemasaran.

Sebagai langkah prkatis Anda bisa memilih tools marketing. Pada dasarnya pebisnis bisa melakukannya dengan cara manual. Namun, metode itu membutuhkan pengetikan satu-persatu. Jadi, ketika Anda tidak memiliki waktu luang. Tak ada salahnya untuk menggunakan tools dalam memperlancar tahapan bisnis. Sedangkan untuk urusan konten bisa dibicarakan dengan mereka yang ahli dibidang persuasif.

Tetapi, yang membedakannya ialah disini Anda membutuhkan ketrampilan menulis. Ingat, konten sangat kruasial dalam keberhasilan email marketing. Maka, ketika dikira belum terlalu pandai. Tak ada salahnya untuk menyerahkan tugas penting ini pada jas copywriter. Mereka siap membantu Anda dalam mewujudkan tulisan penjualan penuh persuasif.

Jika dibedah lebih dalam marketing tidak hanya mengenal menjual barang dalam waktu singkat. Ia membutuhkan beberapa aspek pendukung. Seperti, pemilihan konsumen potensial, positioning, sampai dengan riset yang berisi mengenai kompetitor. Biasanya, perusahaan membuat tim tersendiri untuk menghasilkan penelitian untuk mendapat prediksi awal. Namun, langkah tersebut membutuhkan waktu sekaligus biaya banyak.

Bahkan tidak bisa menutup kemungkinan akan seringnya terjadi human error. Sehingga berdampak pada hasil riset yang telah dilakukan. Tentu saja ini akan memperburuk perencanaan dari awal. Nah, sedangkan berikut mengenai aspek yang dibutuhkan oleh email marketing. Meskipun tidak terlalu berbeda, ia memiliki budget lebih kecil.

Aspek yang Perlu Diperhatikan dalam Email Marketing

  1. Kenali target
    Poin pertama yang harus menjadi acuan adalah pengenalan terhadap target. Pasalnya, dari sinilah Anda bisa memperkiraan besaran produk yang akan diluncurkan sampai dengan presentasi keuntungan. Selain itu, dari sinilah perusahaan linuxiso.org akan melakukan penilaian terhadap kondisi pesaing yang sudah memulai strategi dari awal. Setelah semuanya sesuai, barulah berpikir megenai konten.
  2. Kenali segmen
    Selanjutnya melaju pada aspek kedua. Dimana Anda akan pertemu dengan ranah segmen pasar. Cakupan yang dimiliki sudah lebih kecil jika dibandingkan target. Dari sini pebisnis akan mendapat informasi mengenai karakteristik konsumen. Produk apa yang mereka butuhkan, sampai kisaran potensi daya beli yang mereka miliki. Biasanya, perusahaan menitik beratkan di aspek tersebut. Sebab, ia akan langsung menghubungan produk pada konsumen. Tepat, tetap saja sejak awal survey sudah harus mendapat hasil akurat.
  3. Konten menarik
    Aspek ketiga membawa Anda pada pemilihan konten yang menarik. Seperti yang sudah dikatakan dari awal bahwa email marketing lebih mengandalkan teknik tulisan kreatif. Sehingga ia akan membuat proses yang berbeda dari menulis “artikel”. Disini Anda membutuhkan teknik persuasif yang terkemas dalam pengenalan produk ataupun sistem give away.
  4. Personal
    Selanjutnya kesan personal juga harus terlihat dari sebuah email marketing. Anda harus menulis pesan seolah-olah hanya dikirim pada satu konsumen.

Share with:

FacebookTwitterTumblrPinterest


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *