Kecelakaan Lalu Lintas Sebulan Terakhir Di Tana Air

Kecelakaan Lalu Lintas Sebulan Terakhir Di Tana Air
Solopos.com

Kecelakaan Lalu Lintas – Kecelakaan lalu lintas mewarnai bermacam ruas jalur di Tanah Air sepanjang Januari 2021. Puluhan korban jiwa melayang, banyak pula yang luka- luka serta kehilangan materil yang luar biasa. Ada beberapa musibah kecelakaan tunggal atau beruntun yang menarik atensi dalam sebulan terakhir. Berikut catatannya:

  1. Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang

emailsangel – Kecelakaan beruntun terjadi di awal tahun persisnya di ruas Tol Cipularang Kilometer 92 B jam 17. 40 Wib berselang beberapa menit setelah musibah di ruas tol yang serupa hanya terletak di Kilometer 82. 200 B, Jumat( 1 atau 1 atau 2021).

Kepala Induk PJR Tol Cipularang, AKP Stanlly Soselisa mengatakan kecelakaan beruntun ini melibatkan 3 kendaraan, di antara lain Toyota Yaris bernomor polisi B 1711 KYO dengan juru mudi Dedek Afrianto( 24) warga Cikarang Utara, kendaraan kedua yakni Daihatsu Terios bernomor polisi B 2460 SZX dikemudikan Tatang Sholahudin( 26) asal Sidrap, Sulsel, serta terakhir kendaraan Suzuki Ertiga bernomor polisi L 1589 TI dikemudikan Wibisoni Surya Jaya( 32) asal Surabaya.

” Tidak terdapat korban dalam kecelakaan beruntun ini. Penyebabnya diduga karenakurangnya antisipasi menjaga jarak aman,” tuturnya.

AKP Stanlly menerangkan bahwa awal mula kendaran ketiganya datang dari arah Bandung menuju Jakarta.

Kemudian, setibanya di Kilometer 92 B, ada kendaraan yang tergelincir, alhasil terjadi antrean.

“Kendaraan Yaris, Terios, serta Ertiga berhasil berhenti karena adanya antrean. Kemudian, datang kendaraan keempat kurang menjaga jarak amannya alhasil menabrak kendaraan Ertiga, kemudian Ertiga menabrak Terios, serta yang terakhir menabrak kendaraan Yaris. Akan tetapi, kendaraan yang menabrak ketiganya langsung kabur dengan kata lain melarikan diri,” ucapnya.

Sebelumnya pula terjadi kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada awal tahun persisnya di ruas Tol Cipularang Kilometer 82, 800 B, jam 17. 22 WIB, Jumat( 1/1/2021).

Kecelakaan lalu lintas ini melibatkan kendaraan minibus bernomor polisi B 2926 BFU yang dikemudikan oleh Hartono Gouw( 59) warga Tangerang.

Kepala Induk PJR Cipularang, AKP Stanlly Soselisa berkata mengatakan kecelakaan lalu lintas ini menyebabkan sebanyak 4 jiwa alami luka- luka.

“Kecelakaan ini diakibatkan karena minimnya antisipasi menjaga jarak aman.Kendaraan ini datang dari arah Bandung menuju Jakarta. Kemudian, menurut pengakuan pengemudi cuaca saat itu sangat buruk dan turun hujan dan kendaraan berada di jalur 2. Setelah itu, roda belakang bagian kanan pecah dan akhirnya menabrak guardil,” ujarnya.

Lanjut dia “Kendaraan ini kemuadian berbalik menabrak median dalam di lajur dengan posisi akhir berdiri di lajur 2 menghadap selatan. Petugas langsung datang ke lokasi serta mengevakuasi kendaraan ke pool derek Jatiluhur,” tutur Kepala Induk PJR Cipularang.

  1. Kecelakaan Truk Muatan Minuman Kemasan di Tawangmangu.

Kecelakaan tunggal yang melibatkan satu unit truk pembawa minuman kemasan terjadi di wilayah darmawisata Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat( 22/1/2021). Video yang merekam kecelakaan tersebut menjadi viral di media maya serta mengundang kesedihan serta kecaman khalayak umum. Alasannya, beberapa masyarakat di dekat lokasi kejadian tidak membantu menolong pengemudi truk. Mereka malah beramai- ramai menjarah minuman yang berserakan di lokasi kejadian.

Dua anak muda di Tawangmangu, Karanganyar, mengembalikan 2 dus minuman yang mereka ambil dari truk yang terjatuh pada Jumat( 22 atau 1 atau 2021) karena merasa bukan haknya. Dikutip dari Tribunnews, kedua anak muda itu menyimpulkan memohon maaf serta membenarkan kesalahannya.

” Aku mohon maaf sebesar besarnya atas apa yang aku jalani. Aku berikrar tidak akan mengulanginya suatu hari nanti. Serta ini aku kembalikan sebab bukan hak aku,” tutur salah satu anak muda bernama samaran A di dalam film yang diunggah di media sosial.

Menurut Komandan Markas SAR Karanganyar Arif Sukro Yunianto, A serta rekannya dijemput oleh sukarelawan setelah video penjarahan bagasi truk viral di media sosial.” Pelaku telah diindentifikasi melalui video yang tersebar, sehabis itu dicari alamatnya serta di kroscek betul,” tuturnya pada TribunSolo. com, Jumat( 22/1/2021).” Setelah itu teman-teman sukarelawan, klarifikasinya di sana( posko),” imbuhnya. Arif menerangkan, beralasan video yang viral di media sosial, kelakuan penjarahan diduga dilakukan masyarakat sekitar ataupun yang lewat jalan tersebut.

Insiden ini berawal ketika kecelakaan truk bernomor polisi B 9650 KEU yang dikendarai Baskoro tergulinga di depan Rumah Makan Legender, Tawangmangu, Jumat( 22/1/2021) pagi. Kala itu, truk lagi mengangkat minuman kemasan dari Magetan, Jawa Timur, menuju Tawangmangu. Setiba di depan Rumah Makan Legender, truk terjatuh sebab remnya blong.

” Supir truk tidak bisa mengatur laju kendaraannya,” ujar Kanit Laka Satlantas Polres Karanganyar, Ipda Widya S Gadis saat dikonfirmasi, Jumat.

Ini Penyebabnya Bagasi yang berceceran di jalan setelah itu dijarah beberapa masyarakat. Kapolsek Tawangmangu Iptu Ismugiyanto berkata, petugas sesungguhnya telah membagikan peringatan pada warga. Masyarakat di dekat lokasi kejadian dimohon tidak mengambil minuman yang berceceran di jalan. Tetapi, tetap saja ada yang nekat.” Kami telah woro- woro buat warga tidak mengambil botol yang berceceran itu,” ujarnya, Jumat( 22/1/ 2021).

Ismugiyanto berkata, saat ini lokasi kecelakaan telah diawasi pula oleh aparat. Sebaliknya pengemudi truk itu harus menempuh perawatan di Puskesmas Tawangmangu sebab mengalami luka- luka.

  1. Kecalakan Tunggal di Tabanan.

Nasib nahas dialami seorang siswa SMA yang berpulang pada Selasa ( 19/ 1/2021)  usai terlibat kecelakaan tunggal di Jalur Tabanan- Yeh Gangga, Tabanan, Bali. Persisnya di belengkokan akhir utara, area Banjar Gubug Baleran, Dusun Gubug, Tabanan.

Dikutip dari Beritabali. com( jaringan Suara. com), berasal dikala korban yang bernama I Kadek Andhika Gangga Iswara( 17) mengemudikan sepeda motor tipe Yamaha NMax DK 6586 GAA. Ia diketahui sebagai pelajar kelas tiga di SMAN 1 Tabanan yang tinggal di Banjar Tonja, Dusun Gubug, Tabanan.

Diketahui dari data terkait, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar jam 01.00 Waktu Indonesia Tengah(WITA). Saat  kecelakaan lalu lintas itu terjadi, korban mengenakan kaos dan celana pendek hitam yang baru ditemukan sekitar pukul 06.00 WITA.

Posisi korban dikala ditemukan dalam kondisi tengkurap di dasar anak tangga suatu pelinggih. Bangunan suci itu bertepatan terdapat di depan komplek pertokoan pada tepi jalan itu.

Korban datang dari arah selatan ataupun dari arah Pantai Yehgangga. Begitu tiba di tikungan, korban diduga hilang kendali. Seharusnya korban menikung ke kanan sesuai arah jalan. Akan tetapi, karena hilang kendali, korban justru menjorok ke depan. Menerobos masuk ke halaman pertokoan dan menabrak dasar anak tangga bangunan pelinggih.

Diduga dampak hantaman itu, korban terguling serta tidak sadarkan diri. Sedangkan motornya terpelanting ke arah barat. Korban yang tidak sadarkan diri diduga tewas sebab tidak memperoleh pertolongan.

Tidak hanya karena sebab tidak ada yang melihat peristiwa itu, situasi jalur pada dikala peristiwa pula sedang hening.

Kepala Dasar Kemudian Rute( Kasat Lalu) Polres Tabanan AKP Ni Putu Wila Indrayani membetulkan terdapatnya informasi Mengenai kecelakaan tunggal itu.

“ Hasil penyelidikan sementara, pemicu kecelakaan tunggal itu diduga karena korban sedang mengantuk,” tuturnya.

Terpisah, Kelian Banjar Biro Tonja, I Made Suarjaya, yang dikonfirmasi membetulkan kalau korban ialah salah seseorang warganya. Ia memastikannya sehabis memandang kartu bukti diri korban.

“ Aku dipanggil sama yang memiliki tempat peristiwa. Sebab kejadiannya ini masuk ke laman gerai( pertokoan). Aku dimohon buat membenarkan apakah itu betul warga aku. Sebab letaknya tengkurap, aku tidak dapat memandang mukanya dengan nyata. Sehabis amati KTP, sekarang dapat diketahui. Sekarang aku kasih ketahui pihak keluarganya,” ucapnya.

  1. Kecelakaan Di Tol PekanBaru – Dumai.

Pekanbaru: Kejadian kecelakaan beruntun antara truk Fuso dengan minibus, di Tol Pekanbaru- Dumai, Riau, pada Rabu, 13 Januari 2021. Akhirnya, 5 orang tewas serta 2 yang lain mengalami luka- luka.

“ Dalam kecelakaan lalu lintas ini ada 7 korban. 5 korban tewas di tempat kejadian kecelakaan serta 2 korban mengalami luka- luka,” tutur Administrator Agen Tol Pekanbaru- Dumai A. A. Gram. Indrajana di Pekanbaru, Rabu, 13 Januari 2021.

Indrajana mengatakan, kecelakan terjadi pada Rabu pagi, sekitar jam 08. 30 Wib. Kecelakaan melibatkan truk Fuso dengan pelat kendaraan BK- 8600- KG di Kilometer 32 Rute B Deret 1, serta minibus dengan pelat alat transportasi BM- 1730- PM.

” Korban yang mengalami luka- luka dievakuasi ke Rumah Sakit Dini Bros, Jalur A. Yani Pekanbaru,” terangnya.

Bersumber pada hasil analitis alun- alun, lanjut ia, asumsi diduga pengemudi minibus corak gelap yang melaju dari arah Dumai mengarah ke Pekanbaru dalam situasi mengantuk. Tidak hanya itu, diduga minibus melaju dengan kecepatan besar.

” Setelah itu menabrak bagian balik truk sisi kanan yang terletak di jalur lelet,” terangnya.

Tubrukan itu menyebabkan posisi akhir alat transportasi minibus melintang di deret kilat serta situasi alat transportasi lumayan akut. Musibah itu, tutur Indrajana, sudah ditangani Bagian Pembedahan serta Perawatan Jalur Tol PT Hutama Buatan( Persero) serta pihak kepolisian.

Ada pula nama- nama korban yang tewas, ialah H. Napitupulu, Jerri Jonggok, Linda Tambunan, 2 Simangunsong, serta Jhon Efraim Butar- butar. Grupnya ikut berkabung atas peristiwa itu.

Beliau mengimbau semua konsumen jalur tol untuk berjaga- jaga serta cermas dalam mengemudi. Juru mudi dimohon menaati seluruh ketentuan jalur yang berlaku serta pancang di jalur tol

  1. Kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo.

Jakarta, CNN Indonesia— Mantan personel Trio Macan, Chacha Sherly hadapi kecelakaan beruntun di ruas Jalur Tol Semarang- Solo KM 428, Jawa Tengah sampai tewas pada Selasa( 5/ 1). Bersumber pada penjelasan dari polisi, Chacha langsung dilarikan ke rumah sakit, tetapi nyawanya tidak terbantu.

Kasubdit Laka Korlantas Polri Kombes Agus Suryo membetulkan sudah terjadi kecelakan maut yang merenggut nyawa Yuselly Agus Stevy ataupun yang biasa disapa Chaca Sherly.

“Baru saja kita patroli di Kilometer 428 terdapat kecelakaan insiden beruntun. Salah satu korbannya artis betul, Trio Macan,” tutur Agus dalam video yang diperoleh dari  reporter, Senin( 4/ 1).

Sedangkan,  Kasat Lantas Polres Semarang AKP Meter Adiel Aristo menerangkan musibah itu diprediksi berasal disaat suatu alat transportasi truk boks lepas kontrol serta terjatuh di rute B ruas jalur tol.

” Sehabis terjatuh 4 alat transportasi yang lain dari balik terjadi karambol( musibah berangkaian),” cakap Aristo.

Setelah kecelakaan beruntun, tutur Aristo, suatu mobil Honda BRV berupaya buat menjauhi. Tetapi, diduga panik, juru mudi setelah itu membuang arah kendaraannya ke jalur A.

Aristo menambahkan, hantaman keras itu menimbulkan mobil ringsek akut di bagian depan serta penumpang hadapi cedera sungguh- sungguh. Petugas setelah itu memindahkan korban yang dikenal bernama Chaca Sherly ialah mantan personel Trio Macan.

Chacha Sherly langsung dilarikan ke Rumah Sakit Biasa Wilayah( RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang dengan cedera yang amat sungguh- sungguh di bagian kepala.

” Lukanya serius di kepala, sebab itu langsung kita larikan ke Rumah Sakit,” ucap Aristo.

Walaupun telah dilarikan ke rumah sakit, sayangnya nyawa Chacha tidak bisa terbantu serta tewas bumi sekitar jam 12 siang.

” Betul bisa berita tewas jam 12 siang mulanya,” tutur Aristo.

Kematian Chaca Sherly bawa gelisah mendalam untuk kawan, penggemar serta pula kawan bintang film yang lain.

Salah satu sahabat dekat sekalian mantan kawan di Trio Macan, Lyia ikut berduka melepas keberangkatan Chacha. Pernyataan itu beliau curahkan lewat suatu unggahan di Instagram.

” Selamat jalan saudaraku,” tulisnya.

Kepulangan Chacha yang tiba- tiba ini pula membuat kawan selebriti lain terkejut.

” Astagfirullah, apa nih? Innalillahiwainnailaihirojiun,” catat Mbah Mijan di kolom pendapat.

Pernyataan seragam pula datang dari bintang film yang lain.

” Betul Allah ini sungguh- sungguh, Betul Allah mba saya wasap kalian ga dibaca- baca mudah- mudahan khusnul khotimah mba cha.. saya ga nyangkaa betul Allah,” catat Wika Salim.

Baca Juga : Kejadian Kecelakaan yang Disebabkan Oleh Salju

  1. KA Lelawangsa Tabrak Mobil di Lintasan Tanpa Plang.

TRIBUN- MEDAN. com, BINJAI- Dalam seminggu dini Januari 2021 telah 2 kali terjalin kecelakaan lalu lintas antara Kereta Api Lelawangsa dengan minibus.

Setelah pada tanggal 7 Januari 2021, kembali terjalin lagi laka lalu lintas KA serta mobil di perlintasan yang serupa, jalan KA tanpa alang pintu, di Jalur Kakap, Kelurahan Tanah Tinggi, Binjai Timur, Sabtu malam( 9/1/2021).

Kereta Api Lelawangsa arah Medan- Binjai bertabrakan ddengan minibus penumpang tipe Toyota Rush corak putih berplat Nomor Polisi BK1501 RU.

Minibus itu dikemudikan oleh Risky Pratama Atmaja masyarakat Jalan Danau Air Tawar, Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur, yang sedang berstatus siswa.

Beliau bawa seseorang penumpang wanita bernama Nursabila.

Kedua penumpang Toyota Rush ini terbentur KA Lelawangsa dikala melintas dari arah Jalur Soekarno- Hatta mengarah Jalur Cut Nyak Dien.

Mobil mereka ringsek sehabis dihantam KA Lelawangsa dengan masinis Surya Dirja( 40), persisnya di Jalur Ikan Kakap, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur.

” Laka KA dengan mobil di lokasi yang serupa, sedang dalam seminggu sebelumnya. Peristiwa KA melintas berbarengan di jalurnya serta mobil Rush itu pula lewat karena tidak ketahui. Mobil cacat bagian depan serta bentuk tubuh samping,” tutur Kasubbag Humas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting, Minggu( 10/1/2021).

Lanjut AKP Siswanto Ginting, dalam kejadian ini tidak terdapat korban jiwa.

Kedua penumpang Toyota Rush aman di dalam mobil, cuma mengalami syok secara psikologis..

Tadinya, pada( 7/1/2021) seseorang juru mudi mobil Toyota Avanza BK 1864 ID, Zurnal Hutabarat( 59) masyarakat Jalan Saksama Gang Saksama, Medan terbentur Kereta Api Sri Lelawangsa tujuan Medan- Binjai, di lokasi yang serupa.

Nyawa korban aman, cuma hadapi cedera pada pelipis serta tangan sisi kirinya.

Menyikapi kecelakaan kesekian kali ini, Anggota DPRD Binjai, Joko Basuki menyayangkan tindakan PT KAI yang terkesan hirau kepada perlintasan KA yang tidak dilengkapi alang pintu. Pasalnya, telah banyak korban di jalan ini.

” Tolonglah lah perhatikan jalan ini, mobil ataupun motor pribadi warga telah kerap terjalin. PT KAI lekas lah kasih atensi untuk nyawa serta kenyamanan masyarakat. Dalam seminggu ini saja telah 2 kali warga jadi korban,” tukasnya.

PT KAI dianjurkan menugaskan petugas piket di jalan Jalur Kakap bila memanglah belum terdapat perhitungan buat membuat alang pintu. Ia mengimbau jelas supaya permasalahan tanpa plang KA Lelawangsa ini lekas direspon PT KAI.

Kepala Halte KA Binjai, Juli dikonfirmasi terpaut jalan KA yang sering makan korban berterus terang kalau tidak ketahui menahu pertanyaan sarana plang KA. Tuturnya, terdapat bidang lalu lintas jalur KA yang bertanggung jawab pertanyaan plang.

” Pertanyaan plang itu aku tidak ketahui, sebab bukan bidang saya. Kami terdapat bidangnya masingmasing, kalau lalu lintas itu terdapat bidangnya sendiri. Nomor kontak bidang lain yang bisa dihubungi aku tidak bisa, maaf sekali, ataupun besok datang ke kantor saja,” ucapnya.